Uncategorized

Kahlil Gibran – Sastrawan Dunia

 

Teman, siapa yang tidak mengenal sastrawan hebat yang satu ini, karyanya sudah mendunia dan mempengaruhi emosi pembaca dengan cepat. Aku mempunyai satu pesan yang begitu menarik dari Kahlil Gibran “Orang – orang optimis melihat bunga mawar bukan durinya sedangkan orang – orang pesimis terpaku pada duri dan melupakan mawarnya”. Benar – benar perlu dipahami bahwa orang sukses pasti selalu optimis. Mereka tidak pernah memandang duri mawar. Mereka selalu berusaha mampu melihat bunga mawar atau berusaha memetiknya. Meskipun mereka menyadari bahwa hal itu tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Artinya, setiap orang sukses pasti memiliki halangan untuk bisa di taklukkan. Mereka akan mengalami kegagalan. Mereka akan merasa terjatuh bahkan ke lubang yang paling dalam. Tetapi semua yang mereka alami tidak membuat mereka diam dan berlahan beralih ke jalan yang lain. Orang – orang sukses akan berani mengambil resiko atau mengambil keputusan dengan berani. Orang – orang sukses akan segera bisa bangkit dari keterpurukan dan kegagalan yang mereka alami.

Bukankah semua orang pernah mengambil keputusan dalam hidupnya? Tetapi, tidak semua orang pernah mengambil keputusan dengan berani. Tidak semua orang berani menghadapi resiko besar. Kebanyakan orang – orang gagal memang tidak bernyali atau bernyali terlalu tinggi tapi tidak mengetahui teknik menguasai resiko. Mereka mengambil resiko besar tapi tidak tahu aturan mainnya.

Pengambilan keputusan dengan berani bukan sekedar berani mengambil keputusan dengan cepat dan tanpa pertimbangan. Keputusan yang kita ambil harus di sertai dengan alasan – alasan logis dan perencanaan resiko. Misalnya dalam memutuskan untuk memulai berdagang. Pertama kita harus mengetahui kendala yang akan menjadi penghambat. Kemudian apa yang harus dikuasai dan apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan perdagangan dari kerugian. Jika hal – hal kecil seperti itu saja kita abaikan, seakan kita ingin memetik bunga mawar tidak melihat durinya bukannya mawar terpetik malah jari tertusuk duri. Oleh karena itu buatlah sebuah keputusan tepat penuh perencanaan yang matang dan melangkahlah secara berlahan.

Teman, kegagalan mempunyai dua mata, tergantung di nilai dari sisi yang mana. Orang – orang optimis akan memandang kegagalan sebagai guru yang terbaik menuju kesuksesan. Sedangkan orang – orang pesimis melihat kegagalan sebagai pukulan yang menghancurkan, seakan itu adalah akhir dari segalanya.

 

 

#Tokoh #Sastrawan #Inspirasi

#NulisRandom2017

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s